VENUSRENTCAR SURABAYA

085 230 000 053

+62 878 552 965 01

SEWA MOBIL SURABAYA CAR RENTAL INDONESIA

Cara Mengendarai Mobil Yang Aman

 

Mengendarai mobil yang aman berhubungan dengan disiplin di jalan raya. Sebenarnya; cara mengendarai kendaraan di jalan adalah menggambarkan karakter atau watak seseorang tapi dengan membaca tulisan ini, harapan saya pengetahuan anda bertambah dan selalu menjaga keamanan dijalan karena faktor keamanan selalu harus diutamakan demi keselamatan anda dan keluarga. Hal yang harus diperhatikan saat mengendarai kendaraan sebelum berangkat adalah cek kesehatan kendaraan, selalu gunakan sabuk pengaman, perhatikan beban kendaraan, jangan sampai kelebihan beban. Setelah siap berangkat, yang harus diperhatikan di jalan;

 

  • Konsentrasi   Hilangkan pikiran tentang pekerjaan, urusan keluarga, jangan mengingat hal yang membuat anda jengkel karena akan merubah kesabaran anda dan emosi akan naik yang mengakibatkan perubahan pada kecepatan kendaraan. Menerima telpon sangat mengganggu konsentrasi. berhenti sebentar di tempat yang aman adalah pilihan tepat. Merokok juga berbahaya saat mengendarai kendaraan. Arahkan pandangan jauh ke depan dan selalu siap menghadapi keadaan darurat.
  • Ngantuk   Jangan mengendarai kendaraan dalam keadaan ngantuk. Ngantuk dapat dibedakan beberapa hal. 1 Ngantuk karena capek atau terlalu lelah setelah melakukan aktifitas berat. 2 kurang tidur. 3 terlalu tegang mengendarai kendaraan. Untuk no 3 masih bisa hilangkan dengan makan camilan yang tidak berlemak dan tidak manis. nomer 1 dan 2 sebaiknya anda berhenti sejenak ditempat aman dan istirahat.
  • Jaga jarak    Faktor yang paling sering terjadi kecelakaan karena tidak menjaga jarak dengan kendaraan yang di depan. Selalu menjaga jarak adalah sangat mempertipis terjadinya kecelakaan karena selain untuk menghindari benturan dengan di depan anda, juga membuat anda tidak mengerem mendadak sehingga tidak membuat kaget kendaraan yang di belakang.
  • Kecepatan    Mengatur kecepatan sudah ada peraturan resmi dari pemerintah misalnya dalam kota tidak boleh lebih dari 40 km/jam. Ikuti dan harus taat pada peraturan yang ada. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, selama tidak melanggar peraturan di jalan yaitu ikuti arus kendaraan yang lain, jika dijalur kanan cepat, anda jangan pelan karena membahayakan kendaraan yang lain, pindahlah ke jalur kiri. Jika dijalur kiri pelan anda jangan ngebut sehingga kendaraan anda siksak, pindah jalur adalah hal yang lebih aman.
  • Emosi    Jaga emosi anda waktu mengendarai mobil. Di jalan, kita akan bertemu dengan karakter orang yang berbeda. Ada yang ramah mengendarai mobil. ada yang ugal ugalan bahkan ada yang membuat orang lain jengkel celakannya lagi kalau mengendarai mobil membahayakan orang lain. kita tidak perlu Emosi menghadapi itu semua karena akan membahayakan kita sendiri. Jika ada yang demikian seharusnya hindari saja dan menjauh dari kendaraan tersebut. Pada intinya, jika ada yang membuat kita emosi, segera menjauh, jangan emosi. ingat.....kalau kita emosi akan membahayakan kita sendiri.
  • Kondisi kendaraan    Mengetahui kondisi dan kemampuan kendaraan sangat penting. karena setiap kendaraan apalagi beda merek kemampuan dan perlakuannya berbeda, contoh ; mengerem secara mendadak di tikungan akan membuat mobil slip dan sulit dikendalikan tapi beda dengan mobil yang menggunakan rem ABS (anti lock braking system) tidak akan fatal seperti rem biasa. Kita harus mengetahui kemampuan mobil yang dikendarai. mencoba kendaraan di tempat aman penting sekali agar kita mengetahui bahaya apa yang timbul jika kita membuat suatu aksi terhadap kendaraan kita. contoh mengerem mendadak dengan tekanan maksimal terhadap pedal rem. Kecepatan jangan melebihi 50 km/jam. ban berbunyi dan mobil tidak bisa dikendalikan tapi berbeda jika kita menggunakan rem ABS. Mobil tetap bisa dikendalikan. Mobil yang tinggi dibandingkan mobil rendah dengan lebar dan panjang sama, goyangan kesamping sangat berbeda apalagi saat menikung di tikungan yang tajam, Mobil yang tinggi kalau kecepatannya tinggi bisa berakibat fatal bahkan terguling. Sesuaikan kondisi jalan dengan kendaraan. selalu mempelajari kelebihan dan kekurangan mobil yang dikendarai akan membuat semakin mahir mengendarainya tapi tetap selalu berhati hati dan menjaga batas kecepatan adalah cara yang aman berkendara di jalan raya.
  • Informasi     Untuk kelancaran menuju tujuan, Informasi jalan raya sangat bermanfaat dan membantu. Banyak informasi jalan yang bisa kita dapat seperti Google map. Nyalakan GPS lalu gunakan google map untuk mengetahui kemacetan, tujuan dengan arah terdekat atau menggunakan setelan tercepat, anda tinggal setting di google map. Selain tujuan utama, Google Map juga memberikan informasi tentang tempat penting dan kebutuhan di jalan seperti tempat pengisian bahan bakar, rumah makan, tempat wisata, semua ada di google map. Radio juga berperan memberikan informasi cepat pada kejadian yang baru terjadi seperti informasi kecelakaan yang membuat jalan macet dan informasi lainnya yang berhubungan dengan jalan raya. Kalau di Surabaya biasanya "Radio Suara Surabaya".
  • Orang lain melanggar ranbu     Jangan sok pahlawan di jalan dengan memberi peringatan kepada orang yang melanggar rambu lalu lintas karena kita tidak tahu siapa dia dan belum tentu orang tersebut mengikuti intruksi kita, biasanya dia akan marah kalau kita yang memberi tahu sehingga membuat masalah pada kita sendiri. Di jalan banyak kejadian di luar nalar otak kita. Selalu waspada dan menjaga serta menjauh dari hal buruk adalah jalan terbaik untuk menjaga keselamatan di jalan.